;

Sidang Itsbat: Penentuan 1 Syawwal 1432 H

e-Document| malam sahabat blogger semua pa kabar....??? tadi saya baru melihat Sidang Itsbat yang diselenggarakan di Kantor Kementerian Agama, untuk menentukan 1 syawwal 1432 H. Yang dalam keputusan sidang itu pemerintah menetapkan 1 syawwal 1432 H, jatuh pada hari Rabu tanggal 31 Agustus 2011. Cuman ada yang saya sayangkan di dalam proses sidang itu, munculnya pernyataan yang aga propokatif dari pihak NU dalam menyikapi sikap dari Muhammadiyah yang menetapkan 1 syawwal 1432 H jatuh pada hari Selasa tanggal 30 Agustus 2011. Dan juga saya tidak setuju dengan yang dikatakan oleh Pihak LAPAN bahwa metode yang digunakan oleh Muhammadiyah sudah usang, walaupun benar itu jangan dibicarakan di dalam sidang terbuka, sebab akan menyebabkan munculnya pandangan-pandangan yang menudutkan Muhammadiyah di masyarakat awam.

Sidang Itsbat diadakan untuk mencari solusi dan mengecilkan perbedaan-perbedaan yang ada didalam masyarakat dalam penentuan awal dan akhir bulan Ramadhan, walaupun peluang untuk berbeda itu tetap ada. Janganlah kita memaksakan kehendak dan keyakinan kita kepada orang lain, kita harus meghargai keyakinan orang lain sepanjang tidak bertentangan dengan Syareat Ajaran Islam.

Seperti pernyataan Cendikianwan Muslin Adjumardi Adjra (maaf klo salah nulis) siang tadi di Metrotv, yang mengatakan bahawa Indonesia bukan Negara Islam, Indonesia Negara Pancasila yang mayoritas masyarakatnya adalah Umat Islam, jadi pemerintah tidak punya kewenangan didalam menentukan awal atau akhir bulan Ramadhan, tapi pemerintah hanya punya kewenangan mempasilitasi perbedaan-perbedaan yang ada untuk mencari solusi terbaik.

HARGAILAH PERBEDAAN-PERBEDAAN YANG ADA SEBAGAI KARUNIA DARI ALLAH SWT. JANGAN PERBESAR PERBEDAAN, TAPI KECILKAN PERBEDAAN ITU DENGAN MENONJOLKAN PERSAMAAN.

MOHON MAAF APABILA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN INI....!!!


SILAHKAN BACA JUGA ARTIKEL DIBAWAH INI

e-Document - 07.09

1komentar:

BlogS of Hariyanto mengatakan...

selamat hari raya idulfitri :) mohon maaf lahir batin

Posting Komentar

Komentarnya saya tunggu, baik berupa kritik ataupun saran tetapi jangan melakukan SPAM