;

Jurus Scribus Versi 1.0 ~ Open Source Desktop Publishing E-book

Scribus adalah salah satu software open source yang digunakan untuk tata letak atau yang lebih dikenal dengan layout. Scribus berbeda dengan software pengolah kata seperti Ms. Word, Open Office Word Prosessor maupun Libre Office Word. Salah satu hal yang mebedakan Scribus dengan software office adalah kebebasan mengatur tata letak.

Pada Scribus kita bisa meletakkan tulisan dimana saja tanpa ada aturan baku seperti jika kita meletakkan tulisan di pengolah kata. Oleh karena itu Scribus merupakan software pengolah tata letak (layout) BUKAN software pengolah kata.
Scribus bisa didownload secara gratis dan legal pada scribus[dot]net. Karena sifatnya yang open source, Scribus dapat dijalankan dibeberapa macam platform seperti Linux, Mac OS dan Windows. Kita pun dapat mendownload soure code dari Scribus jika ingin mengotak atiknya dan mengembangkannya.
Scribus kurang dikenal, oleh karena itu saya berinisiatif membuat sebuah ebook pengenalan Scribus yang bertujuan untuk memperkenalkan Scribus kepada mereka yang ingin belajar. Toh software bukanlah penentu utama dalam pembuatan layout. Kualitas layout bukan karena softwarenya, tapi lebih ke orang yang membuatnya. Software hanyalah alat yang mempermudah pekerjaan kita. Jadi jangan terpaku dengan satu software, mungkin dengan adanya e-book ini bisa memberikan alternatif software yang digunakan untuk membuat layout.
Sumber: panduaji[dot]net
Download : panduaji~jurusscribus
Author: Pandu Aji Wirawan · Published: April 15, 2011 From: http://ilmukomputer.org/2011/04/15/jurus-scribus-versi-1-0-open-source-desktop-publishing-e-book/


SILAHKAN BACA JUGA ARTIKEL DIBAWAH INI

e-Document - 20.20

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarnya saya tunggu, baik berupa kritik ataupun saran tetapi jangan melakukan SPAM