;

HTPC dengan BluRay

Setelah memunculkan PC ZBOX yang mampu difungsikan sebagai HTPC, kali ini Zotac hadir kembali dengan HTPC sebenarnya.
Kalau Anda masih ingat ulasan kami mengenai Zotac ZBOX beberapa bulan silam, sekarang ZBOX datang lagi dengan komposisi yang sedikit berbeda. Kala itu ZBOX dengan nomor seri HD-ID11, dengan duet mesin pacu Intel ATOM dan ION Nvidia. Hasil pengujian kami menunjukkan bahwa kombinasi ini memberikan kinerja yang cukup baik untuk menjalankan komputasi dasar. Tetapi, hal yang menarik adalah ZBOX memiliki kemampuan yang cukup untuk berfungsi sebagai HTPC.

Meskipun terkesan terlambat, ZBOX HD-ID34 tetap memiliki sesuatu yang menarik. Yang menarik perhatian adalah penampilan luarnya. Tak lagi berbentuk PC yang kaku, ZBOX HD-ID34 kini berpenampilan ala CD/DVD player. Ini karena perangkat ini dirancang lebih ramping dan melebar. Casing-nya juga berkesan lebih kokoh akibat polesan metalnya. Di dalamnya juga sudah tertanam drive Blu-Ray untuk memperkuat fungsi HTPC. Karena itu, tidak mengherankan jika orang sering mengira perangkat ini sebagai player Blu-Ray biasa.
Perubahan fisik ini juga berpengaruh terhadap pernakpernik yang ada pada ZBOX HD-ID34. Yang kami maksud adalah fasilitas yang tersedia. Misalnya sekarang port USB hanya berjumlah 4 buah, dibandingkan dengan 6 buah port pada HD-ID11. Namun, kini dua di antaranya adalah port USB 3.0. Kemudian berikutnya tersedia satu port combo e-SATA/ USB 2.0 dan terakhir satu port USB 2.0. menyalurkan keluaran video tersedia port DVI dan HDMI. Selain itu, juga tersedia port SPDIF dan jack analog.
Casing ini juga mendukung metode mounting berstandar VESA. Jadi “player” ini bisa disembunyikan di balik monitor yang memiliki dukungan VESA mounting meskipun terlihat aneh. Dari sisi konektivitas, Anda bisa memanfaatkan gigabit LAN dan wireless LAN dengan standar b/g/n.
Masih sama dengan seri sebelumnya, HD-ID34 ini pun datang tanpa memori dan HDD. Pengguna bisa bebas mengisinya dengan HDD berukuran 2,5” atau SSD. Tersedia dua slot memori SO-DIMM DDR2-800 dengan dukungan kapasitas sampai 4 GB. Selain itu, Zotac juga menerapkan komponen yang biasa ditemukan pada notebook. Ini agar bodinya tetap ramping.(Karuna)
Artikel ini di ambil dari Website Majalah Info Komputer Online: www.Infokomputer.com


SILAHKAN BACA JUGA ARTIKEL DIBAWAH INI

e-Document - 20.21

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarnya saya tunggu, baik berupa kritik ataupun saran tetapi jangan melakukan SPAM